Sabtu, 07 Januari 2017

SKENARIO

Manajemen Kesehatan

            drg. Chintya sebagai kepala Poli Gigi Puskesmas Jatisari telah melakukan kegiatan UKGS. Kegiatan tersebut mendapatkan prevalensi karies yang sangat tinggi. Sebagai pimpinan atau manajer poli gigi yang bertanggung jawab atas pelayanan kesehatan gigi, drg Chintya akan membuat program ksehatan yang dapat menurunkan prevalensi tersebut. Apa yang menjadi tugas dokter gigi Chintya di Puskesmas ? Langkah – langkah manajemen apa yang bias dilakukan drg Chintya.


STEP 1
1. Manajemen Kesehatan adalah suuatu keterampilan dalam mengatur petugas kesehatan maupun non petugas kesehatan agar tercapai tujuan organisasi secara efektif. Dalam manajemen kesehata harus efektif, efisien, dan rasional. Efekif dalam memilih alternative kegiatan yang sesuai dengan tujuan organisasi, efisien dalam pemanfaatan sumber daya, dan rasional dalam pengambilan keputusan dalam rangka mecapai tujuan organisasi.
2. UKGS adalah salah satu program kesehatan di puskesmas yang sasarannya merupakan peserta didik atau anak sekolah yang tujuannya untuk meningkatkan pengetahuan dan sikap peserta didik terhadap kesehatan gigi dan mulut.
3. Program kesehatan adalah kegiatan yang direncanakan secara sistematis untu tujuan tertentu yang berhubungan dengan kesehatan
4. Manajer adalah seseoran yang bertugas untuk mengatur, mengawasi da bertanggung jawab terhadap suatu organisasi untuk mencapai tujuan organisasi

STEP 2
1, Jelaskan definisi Puskesmas !
2. Apa saja program kesehatan yang ada di puskesmas dan program kesehatan yang dapat dilakukan untuk menurunkan prevalensi karies di skenario ?
3, Apa saja tugas drg Cintya sebagai manajer poli gigi ?
4. Apa saja bentuk kegiatan UKGS ?
5. Apakah tujuan dari manajemen kesehatan ?
6. Apa saja fungsi dari manajemen kesehatan ?
7. Bagaimana langkah – langkah manajemen kesehatan ?
8. Apa saja hambatan – hambatan dalam proses manajamen kesehatan ?

Nakhita Adiantum . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates