Sabtu, 07 Januari 2017

SKENARIO
Manajemen Praktek
Seorang dokter gigi membuka praktek menadiri dan bekerja merawat gigi pasien sendiri, tanpa dibantu asisten. Pasien yang datang berobat tiap hari sangat banyak. Suatu hari dia mengeluhkan sakit di daerah bahu dan punggung hingga dia tidak dapat beraktivitas normal. Hasil pemeriksaan dokter diketahui bahwa dia menderita musculoskeletal disorders sehingga harus istirahat dan menjalani perawatan. Saran dokter yang merawat, dokter gigi tersebut agar selalu beraktivitas dengan posisi yang ergonomis dan bekerja merawat gigi pasien secara four handed dentistry.

STEP 1
1. Musculoskeletal Disorder  :      gangguan sendi, ligamen, kartilago, tendon yang umumnya pada tulang belakang atas dan bawah, tulang belikat, pergelangan tangan. Gangguan tersebut bisa dalam bentuk nyeri ringan hingga hebat oleh karena melakukan hal yang sama dalam jangka waktu yang lama.
2. Ergonomis                         :      terdiri dari 2 kata, ergos dan nomos yang berarti kerja dan hukum. Ergonomis adalah aturan yang mengatur tata cara manusia bekerja.
3. Four handed dentistry       :      perawatan kedokteran gigi dengan 4 tangan bekerja bersamaan dimana dokter gigi fokus pada pelayanan pasien, dan asisten dokter gigi fokus pada alat dan bahan yang diperlukan saat tindakan.

STEP 2
1. Bagaimana hubungan posisi kerja yang tidak ergonomis dengan terjadinya musculoskeletal disorder?
2. Bagaimana hubungan ergonomis dengan four handed dentistry?
3. Bagaimana posisi kerja yang ergonomi?
4. Bagaimana hubungan manajemen praktek mandiri dengan timbulnya musculoskeletal disorder?

Nakhita Adiantum . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates