Sabtu, 07 Oktober 2017

Perawatan Compromised Medic pada Anak
Seorang anak laki-laki umur 10 tahun, datang ke RSGM Unej dengan keluhan gigi belakang bawah kiri sakit sejak 2 bulan yang lalu, sehingga pasien tidak bisa mengunyah makanan pada daerah gigi yang sakit. Pada gusinya sering muncul benjolan dan keluar nanahnya. Hasil pemeriksaan intraoral terlihat gigi 36 mengalami karies yang besar, perforasi atap pulpa dan tes vitalitas negatif. Dokter mendiagosa gigi 36 tersebut mengalami nekrosis pulpa. Gambaran rontgen tampak terjadi perforasi bifurkasi dan apek gigi masih terbuka. Pada anamnesis diketahui pasien mempunyai riwayat pada perdarahannya, maka dilakukan konsul karena pasien memerlukan tindakan compremised medic supaya perawatan pada keluhan giginya dapat dilakukan dengan baik

STEP 1
1.      Compromised medic
Adalah perawatan yang dilakukan pada pasien dengan penyakit tertentu dan memiliki resiko komplikasi yang bertujuan untuk mengurangi komplikasi yang terjadi sehingga memberikan kenyamanan pada pasien saat dilakukan perawatan.
2.      Konsul
Adalah tindakan diskusi/sharing yang dilakukan dokter gigi dengan dokter spesialis yang lebih kompeten dalam bidangnya, pada skenario dikhususkan pada penyakit kelainan darah. Kegiatan ini tidak memberikan/melimpahkan tanggung jawab terhadap pasien tersebut, hanya memberikan arahan perawatan apa saja yang diperbolehkan demi menghindari hal-hal yang tidak diinginkan yang berhubungan dengan penyakitnya.
3.      Perforasi bifurkasi
Adalah suatu kondisi terbuka/terpaparnya daerah bifurkasi atau pertemuan dua akar gigi atau lebih yang disebabkan oleh karies.

STEP 2
1.      Apa saja tujuan Compremised Medic ?
2.      Apa saja tindakan Compremised Medic ?
3.      Apa saja perawatan pendahuluan yang sesuai dengan skenario?
Bagaimana dental manajemen pada penderita kelainan darah ?

Nakhita Adiantum . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates