Sabtu, 07 Oktober 2017

RESTORASI RIGID
Seorang laki-laki usia 30 tahun datang ke klinik RSGM UNEJ ingin menambalkan gigi belakang kanan bawah, gigi tersebut pernah ditambal dengan bahan yang sewarna dengan warna gigi. Pasien mengeluh ada tambalan yang gupil sehingga sering kemasukan makanan dan tidak nyaman, terasa ngilu tetapi tidak pernah merasakan sakit spontan. Pada pemeriksaan klinis tampak gigi 46 karies sekunder di bagian mesial dan sisa sedikit tumpatan di bagian oklusal gigi, pecah cusp mesiolingual, gigi masih vital, tidak ada kegoyangan, dan sisa jaringan gigi masih baik. Dokter gigi merencanakan membuatkan restorasi rigid onlay. Pada kunjungan pertama dokter gigi hanya membersihkan kavitas dan melakukan tindakan relief of pain.

STEP 1
1.      Relief of pain : tindakan atau usaha untuk membebaskan atau menghilangkan dari rasa sakit, biasanya menggunakan ZnOE (zinc oxide eugenol) untuk gigi vital dan melakukan trepanasi untuk gigi nonvital.
2.      Restorasi rigid : suatu restorasi dimana bahan yang digunakan bersifat kaku/rigid saat diaplikasikan ke kavitas, dan membutuhkan proses di laboratorium dental dan perlu lebih dari satu kali kunjungan. Bahan untuk restorasi rigid antara lain porselen dan logam. Tahapannya yaitu prearasi gigi, cetak model, lalu hasil cetakan tadi dikirim ke laboratorium dental dan hasil pekerjaan laboratorium dental disemenkan pada gigi pasien. Restorasi rigid dibagi menjadi restorasi intrakoronal, ekstrakoronal dan intraradikuler.
3.      Onlay : salah satu jenis restorasi rigid dimana restorasinya melibatkan satu atau lebih cups atau lebih dari  dataran oklusal, berfungsi untuk mengembalikan fungsi anatomis dan fisiologis serta untuk menahan beban kunyah yang cukup besar.
4.      Karies sekunder : karies yang terjadi pada tepi restorasi karena adanya kebocoran tepi atau faktor lainnya.


STEP 2
1.      Apa penyebab dari karies sekunder? Apakah terdapat perbedaan pada proses karies primer dan karies sekunder?
2.      Bagaimana tindakan relief of pain yang dilakukan dokter gigi pada kunjungan pertama?
3.      Apa perbedaan teknik pada restorasi rigid dan restorasi plastis?
4.      Apa saja macam-macam restorasi rigid? Bagaimana pertimbangan dokter gigi memilih restorasi rigid onlay?
5.      Apa jenis bahan dari restorasi rigid onlay yang sesuai dengan skenario?
Bagaimana prosedur restorasi rigid onlay?

Nakhita Adiantum . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates