Sabtu, 18 Maret 2017

SKENARIO I
Perawatan Periodontal Fase I

          Seorang laki-laki berusia 35 tahun sangat khawatir karena gusinya sering berdarah saat menggosok gigi sejak 1 bulan yang lalu dan giginya terasa kasar bila tersentuh lidah sejak 1 tahun yang lalu. Oleh karena itu, dia datang ke Klinik Periodonsia RSGM UNEJ. Pada pemeriksaan intra oral terlihat plak dan kalkulus subgingiva di seluruh regio rahang atas maupun rahang atas. Regio anterior rahang bawah terlihat gigi geligi berdesakan. Pasien didiagnosis menderita gingivitis kronis dengan etiologi utama plak. Keberadaan kalkulus dan gigi malposisi dinyatakan sebagai faktor predisposisi/etiologi sekunder. Dokter menjelaskan rencana perawatan pada pasien tersebut adalah DHE, scaling, dan root planing sebagai perawatan periodontal fase I (etiotropik). Setelah perawatan periodontal fase I keadaan pasien akan dievaluasi kembali.

STEP 1
Klarifikasi Istilah

1.      Scaling adalah tindakan perawatan periodontal untuk membersihkan gigi dari plak dan kalkulus subgingiva maupun supragingiva dengan menggunakan alat manual scaler maupun ultrasonic scaler agar didapatkan permukaan gigi yang halus dan tidak dijadikan retensi plak.
2.      Gingivitis kronis adalah peradangan pada gingiva dalam jangka waktu yang lama atau terus menerus biasanya disebabkan oleh bakteri-bakteri pada plak dan kalkulus. Gingivitis kronis ini dilakukan pemeriksaan perdarahan dengan hasil BOP positif.
3.      Root planing adalah suatu proses pembersihan untuk menghilangkan sementum nekrotik atau permukaan akar gigi yang kasar sehingga didapatkan permukaan halus yang akan membantu terjadinya proses perlekatan kembali epitel jaringan periodontal.
4.      Perawatan periodontal fase I adalah salah satu serangkaian perawatan periodontal sebagai fase dari penghilangan etiologi (fase etiotropik). Tahapan awal dari perbaikan jaringan periodontal ini tanpa dilakukan perawatan pembedahan.
5.      Kalkulus subgingiva adalah kalkulus yang berada di bawah margin gingiva sehingga berada pada apikal servikal gigi dan biasanya tidak nampak secara klinis.

STEP 2
Rumusan Permasalahan

1.      Seberapa besar pengaruh dari gigi malposisi terhadap kalkulus subgingiva dan bagaimana pengaruhnya saat dilakukan perawatan periodontal fase I ?
2.      Apa saja indikasi dan kontraindikasi perawatan periodontal fase I scaling dan root planing ?
3.      Apakah ada perawatan lain pada perawatan periodontal fase I selain DHE, scaling, dan root planing ?
4.      Bagaimana tahap yang dilakukan pada scaling dan root planing serta alat apa saja yang digunakan ?
5.      Apakah scaling dan root planing setiap regio perawatannya sama ?
6.      Kapan saja pasien dilakukan evaluasi dan kontrol ?

7.      Hal-hal apa saja yang dievaluasi kembali pada perawatan periodontal fase I ?

Nakhita Adiantum . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates