Minggu, 20 November 2016

SKENARIO
Perawatan Pencegahan
Seorang pasien anak laki-laki berusia 9 tahun datang ke RSGM Universitas Jember ditemani ibunya, dengan keluhan tidak nyaman jika mengunyah makanan. Ibunya mempunyai keinginan untuk melakukan semua perawatan gigi geligi anaknya supaya giginya sehat. Pemeriksaan ekstra oral tidak ada kelainan. Pemeriksaan intra oral tampak kehilangan gigi 75 dan 84. Gigi 54, 55, 63 karies media. Keempat molar permanen pertama sudah erupsi sempurna dengan pit dan fissure yang dalam. Keempat insisivus permanen rahang atas dan bawah sudah erupsi dan tidak berdesakan (dalam relasi baik). gigi geligi yang lain kondisinya sehat. Hasil rontgenologi tampak benih gigi 35 dan 44 belum menembus tulang alveolar. Dokter gigi menyarankan untuk membuatkan space maintainer untuk mencegah gigi yang tanggal premature dan melakukan tindakan aplikasi fluor serta fissure sealant sebagai perawata pencegahan pada gigi-gigi yang sehat.

STEP 1
1. Space maintainer           : alat yang digunakan untuk menjaga ruang akibat tanggal gigi sulung prematur agar tidak terjadi displacement gigi sebelahnya, biasanya dipasang antara 2 gigi.
2. Fissure sealant               :  bahan yang  digunakan untuk mencegah karies pada fissure dan pit. Biasanya dari bahan resin komposit dan glass ionomer
3. Perawatan pencegahan :  usaha untuk menjaga gigi sebelum terjadi kerusakan dan membatasi kerusakan apabila sudah terjadi.

STEP 2
1. Berapa usia normal tanggalnya gigi 75 dan 84 serta berupa usia normal erupsi gigi penggantinya
2. Apa saja indikasi dan kontraindikasi penggunaan space maintainer?
3. Apa dampak dari gigi yang tanggal prematur?
4. Dari banyak kelainan di skenario, apa yang menyebabkan pasien mengeluhkan rasa tidak nyaman saat mengunyah?
5. Pada gigi mana dilakukan topikal aplikasi fluor, fissure sealant, dan space maintainer?
6.  Apa saja indikasi dan kontraindikasi penggunaan space maintainer?
7. Apa saja contoh perawatan pencegahan selain yang ada dalam skenario?
8. Apa saja macam-macam space maintainer dan fissure sealant?
9. Pada usia berapakah penggunaan space maintainer, topikal aplikasi fluor, dan fissure sealant?

Nakhita Adiantum . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates