Sabtu, 18 Maret 2017

SKENARIO
RESTORASI PLASTIS KOMPOSIT
Seorang laki-laki umur 25 tahun datang ke tempat praktek dokter gigi mengeluhkan malu saat tersenyum karena gigi depan atas berlubang, dan ngilu bila minum minuman dingin, dan belum ada keluhan spontan. Pasien menginginkan untuk dilakukan penambalan sewarna gigi. Hasil pemeriksaan klinis tampak gigi 12 karies media klas IV Black. Tes vitalitas positif, tes perkusi dan tekan negative, tidak ada kegoyangan, dan gigi masih bisa dipertahankan. Diagnosa klinis gigi 12 adalah pulpitis reversible. Dokter gigi merencanakan perawatan dengan tumpatan plastis resin komposit.

STEP 1
1.      Resin Komposit
Resin komposit merupakan resin akrilik yang sudah ditambah dengan bahan lain, misalnya quartz, untuk membentuk struktur komposit. Dapat digunakan sebagai bahan tumpatan yang sewarna gigi dan memiliki perlekatan secara mekanik interlocking. Resin komposit juga merupakan restorasi adhesive yang dapat berikatan dengan jaringan keras gigi melalui dua sistem bonding, yaitu ikatan enamel dan ikatan dentin.
2.      Restorasi Plastis
Teknik preparasi dan restorasi dengan bahan tumpatan komposit yang dikerjakan 1 kali kunjungan tidak menggunakan fasilitas laboratorium. Bahan dapat dibentuk dengan sifat plastis dan menjadi setting di dalam kavitasnya. Restorasi plastis digunakan apabila sisa jaringan keras gigi masih cukup untuk mendukung tumpatan.
3.      Karies kelas IV Black
Karies atau Kavitas yang terjadi pada permukaan proksimal gigi-gigi anterior yang sudah melibatkan sudut insisal.

STEP 2
1.      Apa saja macam dari restorasi plastis ?
2.      Apa saja indikasi dan kontraindikasi restorasi plastis resin komposit ?
3.      Apa kelebihan dan kekurangan bahan resin komposit?
4.      Bagaimana tahapan perawatan pulpitis reversible ?
5.      Bagaimana tahapan perawatan tumpatan plastis resin komposit ( beserta alat dan bahan) ?
6. Faktor apa saja yang dapat mempengaruhi keberhasilan perawatan resin komposit ?

Nakhita Adiantum . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates